Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan | Hello Sehat Penyebab Diabetes Melitus

Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

Haii bertemu lagi di website Ayo Kita Bisa Sehat , pada sesi ini penulis akan menjelaskan tentang "Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat" secara tuntas, yuk simak sedetilnya ...

Pengertian

Apa itu diabetes tipe 2?

Diabetes tipe 2 adalah jenis yang menyebabkan kadar gula darah tinggi akibat pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini disebut juga sebagai adult-onset diabetes karena biasanya menyerang orang dewasa atau lansia.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini bisa menyerang orang usua muda karena berbagai macam faktor yang meningkatkan risiko Anda.

Pada , tingginya kadar gula darah disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi hormon insulin secara optimal. Sementara itu, DM tipe 2 biasanya terjadi karena sel-sel tubuh yang tak lagi peka terhadap insulin sehingga kesulitan mengubah glukosa menjadi energi.

Dengan kata lain, pada orang yang memiliki DM tipe 2, pankreas tetap memproduksi insulin, hanya saja tubuh tak lagi sensitif terhadap keberadaannya.

Jika gula darah dibiarkan terus tinggi, penderita lebih berisiko mengalami yang memengaruhi sistem saraf, jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, serta gusi dan gigi. 

Tanda-tanda & gejala

Apa saja ciri-ciri dan gejala diabetes tipe 2?

Diabetes melitus tipe 2 sering tidak menunjukkan yang kentara. Banyak orang yang malah tidak menyadari kalau dirinya terkena penyakit ini selama bertahun-tahun sekalipun gejala sudah muncul.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri diabetes tipe 2 yang harus Anda waspadai, seperti:

  • Buang air kecil terus-menerus
  • Sering merasa haus dan minum lebih banyak
  • Cepat lapar meskipun sudah makan banyak
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Luka sulit sembuh dan mudah terkena infeksi
  • Masalah kulit seperti gatal-gatal dan kulit kehitaman, terutama bagian lipatan ketiak, leher, dan selangkangan
  • Gangguan penglihatan seperti pandangan kabur
  • Tangan dan kaki sering sakit, kesemutan, dan kebas (mati rasa)
  • Disfungsi seksual seperti gangguan ereksi

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau ciri-ciri yang disebutkan di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter Anda.

Tubuh setiap orang bisa menunjukan reaksi yang berbeda-beda sehingga gejala yang muncul bisa jadi berbeda. Berdiskusilah dengan dokter Anda untuk menentukan tindakan terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab

Apa penyebab diabetes tipe 2?

Menurut studi , yaitu kondisi ketika sel-sel kebal terhadap hormon insulin.

Ketika resistensi insulin terjadi, semakin banyak insulin yang dibutuhkan agar kadar gula (glukosa) dalam tubuh bisa tetap stabil.

Nah, guna mengimbangi kadar glukosa yang melimpah di aliran darah, sel-sel penghasil insulin di pankreas (disebut sel beta) akan menghasilkan insulin yang lebih banyak. Dengan harapan, semakin banyak insulin yang dihasilkan, semakin banyak pula glukosa yang diproses menjadi energi.

Sayangnya, karena terus-menerus “dipaksa” menghasilkan insulin, kemampuan sel beta lama-lama akan menurun. Akibatnya, kadar gula darah yang tinggi semakin tidak terkendali sehingga menyebabkan diabetes.

Kondisi resistensi insulin ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk:

Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Faktor genetik

Faktor-faktor risiko

Siapa yang berisiko kena diabetes tipe 2?

Terdapat beberapa hal yang jelas meningkatkan peluang seseorang mengalami diabetes melitus tipe 2, seperti:

1. Riwayat keluarga

Risiko mengalami penyakit ini semakin besar jika orangtua atau saudara kandung Anda memiliki diabetes tipe 2. Dibandingkan dengan diabetes tipe 1,  tipe 2 memiliki hubungan yang lebih kuat dengan riwayat dan keturunan keluarga.

2. Umur

Bertambahnya usia akan menambah risiko Anda untuk terkana penyakit ini, khususnya setelah umur 45 tahun.

Diduga hal ini disebabkan orang-orang pada usia ini cenderung kurang bergerak, kehilangan massa otot, dan mengalami pertambahan berat badan. Selain itu, proses penuaan juga mengakibatkan penurunan fungsi sel beta pankreas sebagai penghasil insulin.

3. Berat badan

Memiliki kelebihan berat badan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit ini.  Orang yang obesitas berisiko 80 kali lebih mungkin terkena penyakit ini ketimbang yang memiliki berat badan ideal. 

4. Gaya hidup sedentari

Sedentari adalah pola perilaku minim aktivitas atau gerakan fisik. Anda mungkin lebih akrab dengan istilah mager, alias malas gerak. Padahal, aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan, menggunakan glukosa sebagai energi, dan membuat sel-sel Anda semakin sensitif terhadap insulin.

Semakin Anda pasif, semakin besar risiko Anda mengalami diabetes tipe 2.

5. Prediabetes

adalah kondisi saat kadar gula darah Anda lebih tinggi dari normal, tapi belum cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan gejala yang berarti sehingga sulit dideteksi.

6. Diabetes kehamilan

Ibu hamil yang pernah mengalami diabetes saat hamil (gestasional) dan sembuh memiliki kemungkinan tinggi terkena penyakit ini di kemudian hari.

7. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS erat kaitannya dengan resistensi insulin. Selain PCOS, sejumlah kondisi medis lain juga berisiko menyebabkan penyakit ini, seperti pankreatitis, sindrom Cushing, dan glukagonoma.

8. Obat-obatan tertentu

Obat steroid, statin, diuretik, dan beta-blocker merupakan beberapa jenis obat yang diketahui dapat memengaruhi kadar gula dalam darah yang berisiko menyebabkan diabetes tipe 2.

Komplikasi

Apa saja komplikasi diabetes tipe 2?

Komplikasi diabetes tipe 2 lain yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Penyakit kardiovaskuler, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri di dada (angina), penyakit jantung, stroke, menyempitnya arteri (aterosklerosis), dan tekanan darah tinggi.
  • Neuropati atau kerusakan saraf, pada diabetes bisa memengaruhi kaki dan saluran pencernaan
  • Nefropati atau penyakit ginjal
  • atau kerusakan berat pada penglihatan, seperti katarak glaukoma, dan kebutaan.
  • Diabetic foot, atau kaki diabetes, saat goresan dan luka di kaki dapat menjadi infeksi serius, yang susah diobati dan dapat berakibat amputasi kaki.

Selain itu, komplikasi yang paling memungkinkan dari diabetes tipe 2 adalah nekrosis, alias kematian sel. Kondisi ini bisa membuat Anda lumpuh.

Sel tubuh yang tidak mampu untuk menggunakan glukosa di dalam aliran darah akan mati secara perlahan. Nekrosis biasanya terjadi pada tubuh bagian bawah, seperti kaki.

Obat & Pengobatan

Apa saja obat diabetes tipe 2 yang sering digunakan?

Perlu dipahami bahwa diabetes tipe 2 adalah kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, Anda masih bisa mengelolanya agar tetap hidup sehat dan normal.

Pengobatan diabetes tipe 2 lebih berfokus pada perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Beberapa hal yang umumnya akan dianjurkan oleh dokter untuk pada orang kencing manis tipe 2, antara lain:

Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

1. Diet sehat

Pola makan sehat menjadi cara utama yang biasanya direkomendasikan dokter. Anda akan diminta untuk menghindari makanan tinggi gula dan memilih makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan ini membutuhkan proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa yang lebih lama.

2. Olahraga

Selain mengatur pola makan, pengobatan diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan olahraga. Anda sebaiknya melakukan olahraga secara teratur (3-4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit) dan perbanyak aktivitas fisik.

3. Teratur minum obat

Jika kedua cara di atas tidak bekerja efektif dalam menjaga kadar gula darah, dokter biasanya akan meresepkan obat diabetes untuk membantu mengendalikan kadar gula darah Anda.

Dokter mungkin akan memberikan satu jenis obat saja atau kombinasi obat. 

4. Terapi insulin

Perlu dipahami bahwa tidak semua penderita diabetes tipe 2 memerlukan terapi insulin. Biasanya, Anda akan diminta melakukan suntik insulin jika obat diabetes yang Anda minum tidak memberikan perbaikan yang signifikan.

Terapi insulin bisa diberikan dalam jangka pendek, terutama ketika diabetesi sedang mengalami stres.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup untuk mengatasi kondisi ini?

Diabetes melitus tipe 2 adalah kondisi yang bisa dirawat dan dikendalikan dengan melakukan perubahan gaya hidup secara disiplin.

Selain cara pengobatan yang telah disebutkan, perawatan diabetes rumahan berikut ini juga perlu dilakukan agar kadar gula darah tetap normal:

  • Menjaga .
  • Menjaga berat badan ideal dengan target 18,5 atau kurang dari 23.
  • Makan makanan gizi seimbang, meliputi serat, karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral.
  • Jangan merokok dan kurangi minuman beralkohol.

Rutin konsultasi ke dokter

Anda juga disarankan konsultasi ke dokter setidaknya setiap 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk:

  • Memeriksa kulit dan tulang pada telapak kaki dan kaki.
  • Memeriksa jika telapak kaki Anda mati rasa.
  • Memeriksa tekanan darah Anda.
  • Memeriksa kesehatan mata.
  • Memeriksa HbA1c (setiap 6 bulan jika diabetes Anda terkontrol dengan baik)

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk pemahaman dan solusi terbaik bagi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Begitulah pembahasan "Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat" terima kasih atas kunjungannya

konten ini dikelompokkan ke dalam kategori penyebab diabetes melitus, penyebab diabetes melitus adalah, penyebab diabetes melitus tipe 1,

konten ini bersumber dari https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/diabetes-melitus-tipe-2-gejala/

Posting Komentar untuk "Diabetes Tipe 2 : Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan | Hello Sehat Penyebab Diabetes Melitus"